1. Pijat di Kaki

Memberi tekanan pada titik-titik tertentu di kaki pun bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan migrain dengan pijatan. Beberapa titik pijat tersebut, yaitu:

Bigger rushing (LV3 atau great surge)

Berada di atas cekungan tempat ibu jari dengan telunjuk kaki bertemu. Caranya adalah dengan menekan lembut titik tersebut selama dua menit di kedua kaki secara bergantian. Lakukan sambil duduk rileks setiap kali mengalami migrain atau tiga kali sehari untuk hasil optimal.

Above tears (GB41 atau Zu Lin Qi)

Berada di bagian atas kaki, sekitar 2-3 cm di atas cekungan antara jari manis dan kelingking kaki. Caranya adalah dengan memberi tekanan kuat, tetapi lembut dengan ibu jari selama satu menit pada kedua kaki secara bergantian.

2. Pijat di Tangan

Titik pijatan di tangan yang dapat membantu menghilangkan gejala migrain, yaitu union valley atau disebut juga dengan teknik He Gu (LI4). Titik ini berada di antara ibu jari dan telunjuk tangan.

Caranya adalah dengan menekan titik tersebut menggunakan ibu jari dan telunjuk tangan yang lain. Tekan yang dalam dan kuat setidaknya 10 detik sambil tarik napas secara perlahan dan dalam, lalu lepaskan. Lakukan hal yang sama pada tangan di sisi yang lain sampai sakit kepala yang kamu rasakan mereda.

3. Pijat Thai

Berbeda dengan pijat pada umumnya, terapis pada pijat Thai atau thai massage biasanya meminta kamu untuk melakukan pijatan dengan berbagai posisi. Dikutip dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, pijat Thai tradisional bisa dijadikan alternatif perawatan efektif untuk bantu redakan sakit kepala kronis dan migrain.

4. Pijat jaringan dalam (deep tissue massage)

Pijat jaringan dalam menggunakan tekanan kuat disertai gerakan lambat untuk memijat lapisan otot yang lebih dalam. Teknik pijat ini dapat mengendurkan otot yang tegang, yang mungkin menjadi penyebab sakit kepala migrain. Akan tetapi, kalau kamu memiliki cedera saraf lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum melakukan pijat yang satu ini.

5. Pijat shiatsu

Shiatsu adalah teknik pijat yang dilakukan dengan menggunakan jemari, tangan, atau siku untuk memijat. Teknik pijatan ini memiliki efek yang besar pada sistem saraf, karena itulah shiatsu dianggap efektif untuk mengatasi migrain. Saat serangan migrain terjadi, terapis akan fokus untuk melakukan tekanan di sekitar kepala, leher, dan bahu, guna meregangkan leher sebagai kunci dalam mengatasi migrain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *