Fimela.com, Jakarta Rekomendasi olahraga untuk kesuburan akan membantu para calon orang tua yang mendambakan kehadiran seorang buah hati. Perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses kehamilan. Di antaranya seperti kesehatan fisik, mental, dan pola kehidupan yang dilakukan sehari-hari.

Untuk meningkatkan kesuburan, memperhatikan apa saja yang dimakan ternyata nggak akan cukup. Kamu juga perlu rutin melakukan olahraga untuk bisa mendukung program kehamilan yang dijalani. Sebab, olahraga bukan hanya baik buat kebaikan dan kesehatan tubuh, namun juga penting buat menyeimbangkan hormon serta suasana hati. Selain itu, penuh juga kebutuhan asam folat, setidaknya 6 bulan sebelum hamil. Ini bertujuan untuk memberikan nutrisi pada calon ibu dan membantu mencegah calon bayi lahir dengan cacat tabung saraf. 

Olahraga untuk kesuburan ini bukan hanya wajib dilakukan oleh kaum perempuan saja, namun juga laki-laki. Sebab, dalam merencanakan program kehamilan, partisipasi kedua belah pihak sangat diperlukan untuk memperbesar peluang yang ada. Selain itu, ini juga bisa menjadi support system yang diperlukan agar promil bisa lebih lancar dan berhasil.

Nah, demi mewujudkan kesuksesan program kehamilan ini, berikut rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Apa saja itu?

Alasan Mengapa Olahraga Teratur dapat Meningkatkan Kesuburan

Ada beberapa alasan mengapa olahraga menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan kesuburan. Pertama, dengan berolahraga, level stress yang dimiliki oleh seseorang bisa berkurang. Pada dasarnya, stress dapat berpengaruh buruk terhadap kesuburan. Sebab, kondisi ini bisa mengganggu siklus menstruasi dan suasana hati. Oleh karena itu, berolahragalah dengan rajin agar hormon endorfin atau pereda stress bisa menurun dan membuat mood kembali stabil.

Kedua, olahraga untuk kesuburan yang dilakukan secara rutin bisa memberikan dampak positif bagi pada fungsi ovarium atau indung telur. Ini memungkinkan karena olahraga sendiri berpengaruh terhadap produksi estrogen dan hormon steroid lainnya. 

Ketiga, melakukan olahraga yang benar dan teratur ternyata dapat meningkatkan enzim antioksidan. Perlu kamu ketahui, bahwa enzim yang diproduksi di dalam tubuh ini memiliki kegunaan untuk menangkal radikal bebas eksogen maupun radikal bebas endogen. Sehingga, dengan dilakukan olahraga secara rutin, sel telur dan sperma yang ada di dalam tubuh pun bisa terjaga kualitasnya dan meningkatkan level kesuburan.

Keempat, olahraga yang dilakukan dengan benar dan rutin akan membantu memanajemen berat badan. Yup, berat badan memiliki pengaruh yang sangat penting dalam pembuahan. Pasalnya, berat badan yang sehat nyatanya memainkan peran penting dalam mempersiapkan kehamilan. Oleh karena itu, rajinlah olahraga agar cepat hamil.

Macam-Macam Olahraga untuk Meningkatkan Kesuburan

Rekomendasi olahraga untuk kesuburan tentunya ada bermacam-macam. Mulai dari olahraga yang ringan hingga ke berat. Namun, jika kamu masih belum tahu juga tentang berbagai jenis olahraga agar cepat hamil, maka bisa baca dulu pilihannya berikut ini. 

1. Berjalan Kaki

Rekomendasi olahraga untuk kesuburan yang pertama yaitu berjalan kaki. Ini menjadi pilihan olahraga yang tepat karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Saat kamu mau ke kantor yang berjarak cukup dekat, lebih baik berjalan kaki saja daripada harus menggunakan mode transportasi. Mau ke warung atau supermarket terdekat pun juga disarankan melakukan olahraga ringan seperti ini. Jadi, sebisa mungkin perbanyak berjalan kaki daripada harus terus bergantung pada alat transportasi.

Meskipun, olahraga untuk kesuburan seperti berjalan kaki ini termasuk dalam level rendah dan sederhana, namun kamu tetap perlu untuk mengutamakan kenyamanan diri sendiri. Pakai sepatu olahraga yang tepat agar kamu tetap merasa nyaman saat berjalan dalam jarak tertentu. Selain itu, ajak juga pasangan biar aktivitas berjalan kaki jadi lebih menyenangkan.

2. Pilates

Rekomendasi olahraga untuk kesuburan berikutnya yakni pilates. Olahraga ini memiliki kegunaan untuk membantu membangun fleksibilitas kekuatan dan ketahanan tubuh, termasuk pada bagian perut dan postur tubuh sebelum hamil. Selain itu, pilates juga membantu melatih kamu agar lebih rileks dan terhindar dari stres. 

Olahraga untuk kesuburan seperti pilates memang sebaiknya rutin dilakukan agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Jika sudah terbiasa melakukan jenis olahraga ini, pasti perjalanan kehamilan yang akan dijalankan bisa terasa lebih mudah. 

3. Yoga

Yoga menjadi rekomendasi olahraga untuk kesuburan selanjutnya yang bisa dilakukan. Selain menyehatkan tubuh, yoga juga dinilai sangat baik buat para perempuan yang sedang menjalankan program kehamilan. Olahraga untuk kesuburan satu ini pada dasarnya menggabungkan antara ketenangan pikiran dan gerakan tubuh. Jadi, manfaatnya bukan cuma untuk fisik saja, melainkan juga untuk mental.

Yoga sebagai salah satu olahraga untuk kesuburan wanita juga membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju area pinggul, yang mana hal tersebut sangat baik buat organ reproduksi dan kesuburan. Jadi, buat kamu yang ingin cepat hamil, olahraga seperti yoga ini bisa banget untuk dipertimbangkan.

4. Zumba

Rekomendasi olahraga untuk kesuburan berikutnya adalah zumba. Olahraga yang mengombinasikan gerakan tubuh dan musik ini begitu direkomendasikan karena memiliki manfaat yang baik untuk para perempuan yang sedang melakukan program kehamilan. Diketahui bahwa zumba dapat meningkatkan hormon endorfin atau kebahagiaan. 

Ketika hormon endorfin meningkat, stress yang dimiliki pun akan menjadi lebih berkurang. Sebab, stress sendiri sebenarnya merupakan salah satu sumber dari infertilitas. Oleh karena itu, banyak perempuan yang mencoba zumba sebagai olahraga untuk mempercepat kehamilan. 

Selain bisa berguna sebagai olahraga untuk kesuburan wanita, zumba juga dapat membantu kamu dalam menjaga berat badan yang ideal, menjaga jantung agar tetap sehat, menjaga stamina agar nggak mudah lelah, dan meningkatkan kualitas seksual pada pasangan. 

5. Olahraga dengan Sepeda Statis

Menjaga kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan kesuburan juga bisa dilakukan dengan olahraga menggunakan sepeda statis. Olahraga untuk kesuburan ini merupakan salah satu yang bisa dicoba oleh pasangan yang sedang ikut program kehamilan. Selain itu, jenis olahraga ini lebih aman karena bisa meminimalisir cedera dan dapat dilakukan di dalam rumah. 

Namun dalam menerapkan olahraga dengan sepeda statis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cara supaya cepat hamil dengan menggunakan metode olahraga sepeda statis sebaiknya nggak berlebihan untuk dilakukan. Selain itu, kamu wajib beristirahat pada saat sudah merasa lelah dan jangan sampai memaksakan diri. Kemudian, sebisa mungkin untuk duduk selama mengayuh sepeda. Ini bertujuan agar tubuh nggak terlalu tegang.

6. Angkat Beban

Selanjutnya, ada angkat beban yang menjadi salah satu olahraga untuk kesuburan. Mungkin ada dari kamu yang bertanya-tanya, bagaimana olahraga berat ini bisa memiliki manfaat baik buat program kehamilan. Kamu wajib tahu, bahwa sebenarnya angkat beban ini dapat melatih menguatkan otot tubuh yang nantinya bakal berefek pada peningkatan energi dan bantu menghilangkan lelah pada masa kehamilan.

Untuk melakukan cara supaya cepat hamil, kamu cuma perlu memilih beban yang ringan saja. Lakukan lebih banyak repetisi gerakan, misalnya 10-15 dalam 1 set. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum mengangkat beban untuk berolahraga, ya.

7. Senam Kegel

Rekomendasi olahraga untuk kesuburan yang bisa dicontoh berikutnya yaitu senam kegel. Olahraga ini dianggap dapat berpengaruh terhadap kesuburan buat kaum hawa. Pasalnya, senam kegel promil sendiri dapat bantu mengencangkan otot-otot disekitar panggul, kandung kemih, dan miss V.

Meskipun senam kegel identik dengan proses kehamilan dan pasca lahiran, namun siapa sangka jika olahraga untuk mempercepat kehamilan ini juga bisa dilakukan sebagai bagian dari promil. Dengan syarat, olahraga ini harus dilakukan secara rutin biar hasilnya bisa lebih maksimal.

8. Pound Fit

Olahraga untuk kesuburan yang mudah dilakukan dan recommended yaitu pound fit. Sama seperti zumba, manfaat pound fit ini bisa kamu rasakan untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

Pound fit sendiri merupakan jenis latihan kardio yang menggabungkan olahraga yoga dan pilates. Menariknya, olahraga ini menggunakan 2 stik sebagai dan gerakan-gerakan seperti menabuh sebuah drum. Berkat berbagai gerakan tersebutlah, pound fit dinilai memiliki banyak manfaat baik buat kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan kinerja organ reproduksi.

Cara supaya cepat hamil dengan melakukan olahraga pound fit juga akhir-akhir ini menjadi semakin populer dan banyak diminati. Apalagi karena olahraga ini begitu menyenangkan dilakukan dan nggak bisa dilakukan bersama orang-orang terdekat, termasuk pasangan. 

9. Sport Dance

Sport dance juga bisa menjadi salah satu opsi olahraga untuk kesuburan yang tepat. Ini karena sport dance dinilai dapat mengurangi rasa stress dan mengubah mood menjadi lebih baik. Jika stress berkurang dan mood meningkat, alhasil kesempatan buat hamil juga akan lebih besar. 

Selain itu, olahraga agar cepat hamil seperti sport dance ini juga akan memberikan manfaat yang baik pada saat proses hamil dan pasca melahirkan. Misalnya seperti, mengurangi ketidaknyamanan tubuh pada saat hamil, meningkatkan stamina biar nggak gampang lemas, serta memendekkan durasi pemulihan pasca melahirkan.

10. Berenang

Olahraga untuk kesuburan wanita yang berikutnya adalah berenang. Rutin berenang pada kenyataannya dapat membantu meningkatkan kebugaran dan mempertahankan berat badan ideal tubuh. Selain menyenangkan, olahraga ini juga mampu bikin bikin tubuh segar dan semakin sehat. 

Berenang pun juga dapat diandalkan sebagai olahraga untuk kesuburan pria. Maka dari itu, cobalah untuk mengajak pasangan agar aktivitas berolahraga bisa lebih seru dan asyik. Kemudian, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu dan pasangan bisa melakukan aktivitas berenang ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Begitulah kira-kira rekomendasi olahraga untuk kesuburan yang bisa dicoba untuk menyukseskan program kehamilan. Selain olahraga, kamu dan pasangan juga wajib memperhatikan berbagai makanan yang dikonsumsi. Pastikan aneka santapan memiliki nutrisi yang seimbang dan diperlukan oleh tubuh. Misalnya saja seperti, ragam sayur untuk kesuburan wanita, buah-buahan, asam folat, zat besi, dan lainnya. Lalu, jaga pola tidur yang baik agar tubuh bisa lebih sehat dan selalu dalam kondisi yang fit.

Jangan lupa pula untuk rajin melakukan konsultasi ke dokter kandungan biar program kehamilan bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan yang berarti. Ini juga penting dilakukan agar bisa menghindari tindakan atau aktivitas yang dapat membahayakan tubuh calon orang tua atau calon bayi nantinya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *