1. Makan dalam Porsi Kecil

Hindari makan dalam porsi besar. Lebih baik makan dalam porsi kecil tapi lebih sering. Ini membantu mengurangi tekanan pada lambung dan menghindari peningkatan asam lambung.

2. Hindari Makanan Pemicu

Kurangi atau hindari konsumsi makanan pedas, berlemak, serta minuman berkafein dan berkarbonasi. Pilih makanan ringan dan mudah dicerna untuk mengurangi beban lambung.

3. Hindari Tidur Setelah Makan

Tunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan sebelum tidur atau berbaring. Tidur dengan kepala dan bahu yang sedikit diangkat juga dapat membantu mencegah naiknya asam lambung.

4. Posisi Tidur yang Tepat

Posisi tidur saat hamil ternyata ada ketentuannya sendiri, lho! Moms bisa tidur dengan kepala dan bahu sedikit diangkat, dapat membantu mencegah naiknya asam lambung. Posisi tidur ini juga bisa membuat Moms lebih nyaman.

5. Aktivitas Fisik Ringan

Lakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan, untuk membantu pencernaan. Tetap aktif dapat mencegah kelebihan berat badan yang dapat memperburuk gejala.

6. Konsumsi Air Putih

Minumlah air putih yang cukup sepanjang hari untuk membantu menetralkan asam lambung. Ini juga penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh selama kehamilan.

7. Konsumsi Serat

Makan makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan sereal, untuk membantu menjaga pencernaan tetap lancar. Serat juga dapat membantu mencegah sembelit, masalah umum pada Moms.

8. Hindari Makanan dan Minuman Asam

Batasi konsumsi makanan dan minuman asam, seperti jeruk dan minuman bersoda. Asam dapat merangsang produksi asam lambung.

Jika ulu hati masih terasa sakit atau justru semakin memburuk, sebaiknya segera periksakan agar kondisimu bisa pulih seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *