1. Bernapas melalui mulut

Teknik bernapas ini mudah dilakukan dan membantu pernapasan menjadi lebih efektif. 

Pertama-tama, duduklah di kursi dengan tegak dan sandarkan bahu agar otot leher serta bahu menjadi rileks. Tarik napas secara perlahan melalui hidung tanpa membuka mulut selama 2 hitungan. Selanjutnya, keluarkan pelan-pelan melalui mulut hingga 4 hitungan. 

Ulangi cara ini kurang lebih selama 10 menit.

2. Bernapas dalam-dalam

Untuk melakukannya, cobalah duduk di kursi dengan bahu, kepala, dan leher yang rileks. Letakkan tangan di perut, kemudian tarik napas perlahan melalui hidung. Rasakan udara yang Anda hirup mengisi perut sehingga membuat perut membesar. 

Kencangkan otot-otot ketika menghembuskan napas. Hembuskan napas melalui mulut dengan bibir mengerucut. Rasakan tangan yang menyentuh perut mundur ke belakang. Ulangi selama sekitar 5 menit.

3. Duduk dengan sedikit membungkuk ke depan

Duduk membantu tubuh merasa rileks dan membuat bernapas lebih mudah. Duduklah di kursi dengan telapak kaki menapak pada lantai. 

Sedikit bungkukan dada dengan condong ke depan. Tahan siku di lutut agar tangan menyangga dagu. Bernapaslah lebih dalam dan buat tubuh tetap rileks.

4. Berdiri dengan bersandar pada dinding

Cobalah berdiri dan bersandar pada dinding hingga pinggul menempel. Buka kaki cukup lebar dan tangan berada di samping paha.  Condongkan badan sedikit ke depan, tetapi pastikan tetap rileks.

5. Menghirup uap

Cara mengatasi sesak napas tiba-tiba dapat dilakukan dengan menghirup uap. Cara ini membantu menjaga saluran hidung tetap bersih sehingga membuat kamu bisa bernapas dengan lebih mudah. Selain itu, hawa panas dan kelembapan dari uap dapat memecah lendir di paru-paru, yang juga bisa mengurangi sesak napas.

Isi mangkuk dengan air panas dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti peppermint atau eucalyptus. Selanjutnya, dekatkan wajah ke mangkuk dan tutupi kepala dengan handuk. Ambil napas dalam-dalam dan hirup uapnya.

Namun jika kamu khawatir kalau sesak nafas ini bisa berpengaruh buruk pada kesehatanmu atau sesak nafas yang kamu alami semakin memburuk, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *