Salah satu penyebab utama mata gatal adalah alergi. Alergen seperti serbuk sari, bulu hewan, debu, atau bahan kimia dalam produk kecantikan bisa menyebabkan reaksi alergi yang mengakibatkan mata gatal. Selain itu, paparan asap rokok atau polusi udara juga dapat memicu mata gatal karena iritasi.

Selain alergi, infeksi mata juga bisa menjadi penyebab mata gatal. Infeksi bakteri, virus, atau jamur pada mata dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa gatal yang tidak nyaman. Penggunaan lensa kontak yang tidak bersih atau tidak tepat juga dapat menyebabkan infeksi mata.

Kondisi medis seperti mata kering, konjungtivitis, blefaritis, atau rosacea juga dapat menyebabkan mata gatal. Mata kering terjadi ketika produksi air mata tidak mencukupi untuk menjaga mata tetap lembab, sementara konjungtivitis merupakan peradangan pada lapisan luar mata akibat infeksi atau reaksi alergi. Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata dan rosacea adalah kondisi kulit kronis yang dapat memengaruhi mata.

Selain itu, kelelahan mata akibat terlalu lama menatap layar komputer atau gadget, paparan sinar matahari secara berlebihan, atau terkena benda asing juga dapat menyebabkan mata gatal. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan mata, istirahat yang cukup, dan menghindari paparan alergen atau faktor iritasi untuk mencegah mata gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *