Ini adalah rollercoaster emosional dan sudah menjadi sifat manusia untuk ingin melindungi diri dari rasa sakit. Saat kamu mulai bekerja untuk menyembuhkan inner child, kamu seperti kembali ke masa lalu, secara emosional dan mental, ke peristiwa traumatis.

Kamu bisa memahami bagaimana perasaan inner childmu dari sudut pandang orang dewasa. Dengan itu, dirimu yang dewasa bisa mulai mengurai mekanisme kopi yang dibuat oleh dirimu yang berusia lebih muda untuk melindungimu dari trauma lebih lanjut.

Manfaat menyembuhkan inner child

Manfaat mendasar dari menyembuhkan inner child adalah mengembangkan kesadaran diri. Saat kamu mengembangkan kesadaran diri yang lebih besar, beberapa manfaat lain dari penyembuhan inner child meliputi memahami bagaimana trauma masa lalu memengaruhi perilakumu saat ini, mengembangkan mekanisme koping yang sehat, berhubungan kembali dengan hasrat, impian, dan bakat yang telah dikesampingkan, merasa berdaya dan mengendalikan hidup, pengaturan emosi yang lebih baik, serta meningkatkan harga diri, welas asih, dan kasih sayang untuk orang lain.

Apa yang menyebabkan inner child terluka?

Ada banyak situasi berbeda yang bisa menyebabkan inner child terluka. Pikirkan kembali saat kamu masih muda.

Beberapa rasa sakit, seperti mainan yang diinginkan tapi tidak kamu dapatkan, atau yang lebih berat seperti penganiayaan fisik dan pengabaian emosional. Tidak mungkin membuat daftar semua keadaan yang mungkin telah diinternalisasi oleh dirimu yang lebih muda.

Namun, kemungkinan besar jika kamu memiliki trauma masa kecil, efeknya terlihat jelas dalam hidupmu saat ini. Beberapa tanda bahwa inner childmu membutuhkan penyembuhan adalah frustasi, reaksi besar terhadap kebutuhan yang tidak terpenuhi, ledakan kekanak-kanakan, mengeluh bahwa tidak ada yang mengerti kamu atau kamu merasa tidak didengarkan, kesulitan menjelaskan perasaan, rendah diri, mengkritisi batin dengan keras, ketidakdewasaan, pola sabotase diri, takut ditinggalkan atau masalah komitmen, dan selalu merasa tertantang untuk menetapkan batasan atau mengekspresikan kebutuhanmu.

Jika kamu mengenali salah satu pola ini dalam dirimu, luka masa kecil mungkin penyebabnya. Melihat cara inner childmu membutuhkan dukungan bisa membantumu menyelesaikan pola-pola ini sebagai orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *