Fimela.com, Jakarta Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan laut yang populer. Tidak hanya lezat tetapi juga merupakan pilihan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kolesterol. Kandungan ikan tongkol memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Ikan tongkol mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak omega-3 telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Ikan tongkol merupakan sumber protein hewani yang berkualitas tinggi. Protein ini penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, dan juga dapat membantu mengontrol nafsu makan.

Ikan tongkol mengandung sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, selenium, dan vitamin D. Vitamin dan mineral ini mendukung fungsi tubuh yang optimal, termasuk metabolisme lemak dan pembentukan sel darah merah. Untuk mengurangi kolesterol, ikan tongkol dapat dimasak dengan dikukus, direbus, atau dipanggang. Saat memasak, batasilah penggunaan minyak dan gula yang berlebihan untuk menjaga manfaat kesehatan ikan tongkol. Berikut resep olahan ikan tongkol yang bebas kolesterol:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *