Salah satu gejala dari bisul adalah munculnya benjolan yang berwarna kemerahan dan terkadang disertai titik putih yang berisi nanah. Namun tak jarang pula tidak disertai dengan nanah. Bisul bisa muncul di mana saja, seperti di pantat.

Bisul muncul akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Agar bisul cepat mereda, jangan dipecahkan karena bisa memperluas area infeksi. Cukup jaga kebersihan area pantat dan kompres dengan air hangat 3-4 kali dalam sehari.

2. Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut. Sama seperti bisul, folikulitis juga bisa terjadi di area mana saja, termasuk di area pantat. Folikulitis muncul karena penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau infeksi bakteri.

3. Infeksi Virus HPV

Infeksi virus HPV (human papillomavirus), yang umumnya ditularkan saat melakukan hubungan seksual yang tidak aman, termasuk salah satu penyebab munculnya benjolan di pantat. Kutil anus merupakan kondisi yang terjadi akibat infeksi virus ini.

Pada sebagian orang, kutil anus tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, beberapa keluhan, seperti gatal, perdarahan, serta rasa mengganjal di sekitar lubang pantat, juga bisa menjadi keluhan akibat kutil pantat. Cara menangani kutil anus akan disesuaikan dengan tingkat keparahannya, mulai dari penggunaan salep hingga operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *