1. Grapefruit

Pertama, minum jus dari grapefruit, yang dapat mempengaruhi proses metabolisme obat kolesterol dalam tubuh. Jus grapefruit mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar obat dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan risiko efek samping yang tidak diinginkan. Beberapa efek samping yang mungkin timbul termasuk peningkatan risiko efek samping seperti rasa lemas, masalah otot, dan gangguan fungsi hati.

2. Jeruk

Selain jus grapefruit, ada juga buah-buahan lain yang memiliki potensi untuk mempengaruhi obat kolesterol, seperti jeruk. Jeruk juga dapat mempengaruhi tingkat obat dalam tubuh, dan dapat meningkatkan efek sampingnya. Oleh karena itu, jika sedang mengonsumsi obat kolesterol, sebaiknya hindari mengonsumsi jus jeruk secara bersamaan.

3. Buah Serat Larut Tinggi

Tidak hanya itu, ada juga beberapa jenis jus lain yang sebaiknya dihindari jika sedang mengonsumsi obat kolesterol. Beberapa jenis jus yang mengandung serat larut tinggi, seperti jus apel, jus alpukat atau jus jeruk nipis, dapat mengurangi efektivitas obat kolesterol dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pilih jus dari buah-buahan lain yang tidak memiliki potensi untuk mempengaruhi obat kolesterol, seperti jus alpukat atau jus pisang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *