Sementara itu, di kolom komentar Fuji menduga penyebab bengkoknya tulang belakang ke kiri itu dikarenakan keseringan menggendong Gala Sky, keponakannya di sisi kanan.

“Iya mungkin karena sering gendong Gala selalu di sisi kanan dan bawa tas selalu di kanan, jadi miring ke kiri,” jawab Fuji.

Namun benarkah membawa beban berat di salah satu sisi bisa menyebabkan skoliosis?

Melansir Hopkins Medicine, dalam lebih dari 80 persen kasus, penyebab skoliosis tidak diketahui atau suatu kondisi yang disebut skoliosis idiopatik. Lebih lanjut, membawa beban berat, postur yang buruk, atau kebiasaan membawa beban pada salah satu sisi tubuh tidak terbukti menyebabkan skoliosis.

Walau demikian kebiasaan tersebut tetap tidak sehat bagi tulang belakang. Jika dibiarkan terus menerus, dapat menyebabkan keluhan. Misalnya nyeri pada punggung atau pinggang. Di sisi lain, ada beberapa faktor yang memang terbukti dapat menyebabkan skoliosis, antara lain sebagai berikut:

  • Bawaan lahir (skoliosis kongenital)
  • Gangguan saraf dan otot (skoliosis neuromuskular)  misalnya penyakit distrofi otot atau cerebral palsy
  • Cedera atau infeksi tulang belakang
  • Cacat tulang belakang

Namun, membawa beban berat terlalu sering bisa memperparah kondisi skoliosis. Beban ekstra yang dibawa di punggung dapat membebani tulang belakang yang sudah melengkung, menyebabkan kasus skoliosis ringan menjadi lebih buruk dan bahkan mungkin memerlukan pembedahan atau terapi di kemudian hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *