Fimela.com, Jakarta Wasir atau ambeien adalah istilah populer dari penyakit hemoroid, yaitu membengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga mengakibatkan penurunan kualitas hidup penderitanya.

Gejala utama dari ambeien adalah perdarahan, nyeri, bengkak dan gatal pada anus, serta adanya feses yang berlendir. Jenis ambeien terbagi menjadi dua berdasarkan lokasinya, yaitu wasir internal, pembuluh darah yang membengkak tidak terlihat dari luar. Lalu wasir eksternal, pembengkakan pembuluh darah tampak dari luar dan terasa lebih nyeri.

Berdasarkan derajat atau tingkat keparahannya, wasir dibagi menjadi 4 yaitu derajat 1, benjolan wasir terletak di dalam anus dan tidak bisa dilihat dari luar. Derajat 2, benjolan sudah mulai keluar dari anus ketika sedang BAB, namun masih bisa masuk kembali dengan sendirinya. Kemudian, wasir dengan derajat 3 biasanya benjolan yang muncul tidak lagi bisa masuk sendiri, harus dibantu dengan dorongan jari. Terakhir, pada derajat 4, benjolannya sudah tidak bisa masuk lagi ke dalam anus.

Menurut Bapak Abdurrahman S.Ikom selaku Direktur Bisnis dan Operasional Vena Wasir Center, wasir dapat dipicu oleh kebiasaan mengejan terlalu keras saat buang air besar atau duduk terlalu lama, sembelit atau diare yang berkepanjangan, sering mengangkat beban terlalu berat, kehamilan atau baru melahirkan dan obesitas.

Sayangnya, banyak penderita enggan melakukan pemeriksaan ke dokter. Kebanyakan kasus, pasien baru akan melakukan pemeriksaan ke dokter ketika wasir sudah parah yaitu mencapai derajat tiga dan empat yang biasanya menimbulkan nyeri yang tidak tertahankan.

“Kalau sudah begini, maka pasien harus melakukan terapi bedah. Masalahnya, kebanyakan pasien takut kalau harus melakukan pembedahan, karena rasa nyeri dan membutuhkan waktu yang lama baik proses tindakan dan penyembuhannya,” ungkap Bapak Abdurrahman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *