Kolesterol tinggi dapat mempengaruhi perempuan pada berbagai tahap hidup mereka. Perempuan usia subur sering kali memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan lelaki. Namun, seiring bertambahnya usia dan masuknya perempuan ke masa menopause, kadar kolesterol dapat meningkat secara signifikan. Hal ini dikarenakan perubahan hormon dalam tubuh perempuan selama masa menopause.

Kolesterol tinggi pada perempuan dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Penyebab utama kolesterol tinggi pada perempuan umumnya terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, dan merokok.

Perempuan dengan tekanan darah tinggi atau riwayat keluarga dengan penyakit jantung juga memiliki risiko yang lebih tinggi terkena bahaya kolesterol tinggi. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk memahami pentingnya menjaga kadar kolesterol dalam rentang yang sehat. Bagi perempuan yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga atau faktor risiko lainnya, sangat penting untuk memeriksa kadar kolesterol secara teratur melalui pemeriksaan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *