1. Bahaya Lemak Jenuh

Salah satu bahaya utama yang terkait dengan susu kemasan adalah tingginya kandungan lemak jenuh. Lemak jenuh adalah jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Kolesterol LDL yang tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Susu murni mengandung sejumlah lemak jenuh, terutama dalam produk susu berlemak penuh. Namun, susu kemasan yang sering dijual di pasaran juga dapat mengandung lemak tambahan yang diperoleh dari pemrosesan. Beberapa produk susu rendah lemak atau susu bebas lemak seringkali mengganti lemak alami dengan gula atau pemanis buatan untuk meningkatkan rasa, yang dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan jantung.

2. Mengandung Gula Tertambah

Selain lemak jenuh, gula tambahan adalah faktor risiko lain dalam susu kemasan yang dapat berdampak pada kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan. Banyak produk susu kemasan, terutama yang memiliki rasa, mengandung sejumlah besar gula tambahan. Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas, peningkatan kadar trigliserida, dan resistensi insulin.

Gula tambahan dalam susu kemasan dapat memengaruhi kadar trigliserida dalam darah, yang juga merupakan faktor risiko penyakit jantung. Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah dan dapat meningkatkan risiko penyumbatan arteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *