1. Berbaring Telentang

Berbaring telentang di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik saat sakit pinggang. Namun, jangan sembarang rebahan. Pastikan posisi tulang belakang tetap lurus sejajar dengan kepala, leher, dan kaki. Kamu bisa menyelipkan bantal kecil di bawah lutut untuk menopang berat tubuh secara merata. Dengan begitu, posisi tubuh benar-benar tegak lurus di atas kasur.

2. Telentang dan Bersandar

Tidur berbaring dengan menyelipkan beberapa bantal di punggung atas sangat aman bagi pinggang juga punggung. Kamu bisa menempatkan tangan di atas perut dan dada atau di samping tubuh saat tidur, tergantung kenyamanan.

3. Tidur Menyamping

Kamu boleh saja tidur menyamping ketika pinggang masih sakit dengan menyelipkan bantal atau guling di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang dalam posisi yang lebih baik.

4. Meringkuk

Posisi tidur yang meringkuk seperti bayi dalam kandungan bagus untuk penderita saat sakit pinggang disebabkan oleh saraf kejepit. Dengan posisi ini, tubuh membuka ruang untuk sendi-sendi di antara tulang belakang.

5. Tengkurap

Kamu bisa sesekali mencoba tidur tengkurap saat sakit pinggang dengan menyiasati posisi badan di atas kasur. Kuncinya adalah dengan menyelipkan bantal di perut untuk menjaga kesejajaran tulang belakang.

Jika kamu sudah menerapkan cara-cara tersebut namun sakit pinggang yang kamu alami belum juga membaik atau justru semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan diagnosa yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *