Fimela.com, Jakarta Sayur nangka, atau yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama gudeg, adalah makanan tradisional yang terbuat dari buah nangka muda. Buah nangka itu sendiri adalah sumber serat yang baik dan mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan kalium. Gudeg nangka juga rendah kalori, rendah lemak, dan rendah gula, sehingga dapat menjadi pilihan yang sehat untuk diet.

Namun, dalam hal kadar kolesterol, gudeg nangka memiliki sedikit kekurangan. Gudeg nangka mengandung zat yang disebut purin, yang akhirnya dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh. Orang dengan masalah kolesterol tinggi sering juga memiliki risiko tinggi untuk mengembangkan asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya penderita kolesterol tinggi membatasi konsumsi gudeg nangka.

Meskipun begitu, gudeg nangka tidak harus dihindari sepenuhnya oleh penderita kolesterol tinggi. Sahabat Fimela masih bisa menikmati sayur nangka dalam jumlah yang wajar. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya. Berikut resep gudeg nangka yang bergizi dan rendah kolesterol:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *