Apakah Sahabat Fimela pernah bingung saat memilih antara nasi merah dan nasi putih? Keduanya adalah pilihan yang populer dalam hidangan sehari-hari di berbagai negara. Namun, tahukah bahwa ada perbedaan penting antara beras merah dan beras putih?

Beras merah dan beras putih dibedakan oleh proses penggilingan yang mereka alami. Beras putih dikenal sebagai beras yang sudah mengalami penggilingan lengkap, di mana lapisan luar yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral telah dihilangkan, meninggalkan biji beras yang putih dan lembut. Di sisi lain, beras merah mengalami proses penggilingan yang lebih sedikit, mempertahankan lapisan luar yang kaya akan nutrisi.

Perbedaan kedua antara beras merah dan beras putih adalah komposisi nutrisinya. Beras merah mengandung lebih banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan daripada beras putih yang sudah dihaluskan. Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah membuatnya lebih baik untuk menjaga kadar kolesterol, kadar gula darah, sistem pencernaan, membantu menjaga kesehatan usus, dan mencegah sembelit. Sedangkan beras putih memiliki kandungan serat yang rendah dan terutama memberikan energi dalam bentuk karbohidrat sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *