1. Kandungan Serat dalam Buah Nangka

Salah satu alasan mengapa buah nangka sering dianggap baik untuk kolesterol adalah karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Serat adalah komponen makanan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah. Ini terjadi karena serat membantu mengikat kolesterol dalam usus dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum diserap ke dalam aliran darah.

2. Antioksidan dalam Buah Nangka

Buah nangka juga mengandung antioksidan seperti vitamin C dan senyawa fitokimia seperti flavonoid. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat memengaruhi dinding arteri. Dengan demikian, konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah nangka dapat berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

3. Pola Makan Keseluruhan

Selain kandungan spesifik dalam buah nangka, yang juga penting adalah bagaimana buah ini dimasukkan dalam pola makan keseluruhan. Jika buah nangka digunakan sebagai bagian dari diet seimbang yang kaya akan makanan sehat lainnya seperti sayuran, biji-bijian utuh, dan lemak sehat, itu dapat menjadi komponen yang bermanfaat dalam menjaga kolesterol dalam batas normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *