Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan sakit dada. Kondisi ini disebabkan oleh adanya penyumbatan aliran darah ke jantung. Dalam kondisi tertentu, penyakit ini dapat mengakibatkan serangan jantung atau pun stroke.

Selain rasa sakit pada dada, penyakit ini juga bisa ditandai dengan beberapa gejala. Di antaranya adalah rasa sakit pada bahu, lengan, leher, dan rahang. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh olahraga yang terlalu berat atau luapan emosi yang berlebihan.

4. Infeksi

Dada sakit saat menarik napas dalam bisa disebabkan oleh berbagai penyakit infeksi yang menyerang organ di rongga dada, seperti pneumonia, bronkitis, tuberkulosis, COVID-19, dan radang pada selaput pembungkus paru-paru maupun jantung.

Tidak hanya saat bernapas, nyeri dada karena infeksi di area rongga dada juga bisa memburuk ketika batuk atau bersin. Selain rasa nyeri saat bernapas, gejala lain juga dapat dialami ketika terjadi infeksi di rongga dada, seperti demam, sesak napas, mual, dan muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *