4. Karbohidrat Kompleks

Pilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, dan oatmeal. Hindari karbohidrat sederhana seperti roti putih dan pasta, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung dan kolesterol. Ada baiknya mengurangi konsumsi nasi putih.

5. Produk Susu Rendah Lemak

Pilihan terbaik untuk produk susu adalah susu rendah lemak, yogurt rendah lemak, dan keju rendah lemak. Hindari produk susu tinggi lemak seperti susu full cream dan keju yang berlemak. Produk susu nabati akan lebih baik dikonsumsi untuk seseorang yang intoleran terhadap produk susu sapi.

6. Minum Air Putih

Minumlah air putih secukupnya dan hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Hindari juga alkohol, karena dapat merangsang produksi asam lambung dan kolesterol tinggi. Minum air putih sebanyak minimal 2 liter sehari.

Selain menjaga pola makan, penderita asam lambung dan kolesterol juga sebaiknya menghindari makan terlalu cepat, mengunyah makanan dengan baik, dan menghindari makan sebelum tidur. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan menu makanan yang sesuai dengan kondisimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *