1. Infeksi Virus

Penyebab sinusitis yang pertama adalah infeksi virus. Awalnya virus terdapat di rongga hidung, kemudian virus berpindah ke rongga sinus, yang menyebabkan peradangan di rongga sinus, dan mengeluarkan cairan mukus lebih banyak daripada biasanya.

2. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah salah satu penyebab sinusitis. Rhinitis alergi ini disebabkan karena sistem imunitas tubuh, mengeluarkan zat untuk melindungi tubuh dari infeksi yang menyebabkan alergi dan peradangan. Agar rhinitis alergi ini tidak kambuh, sebaiknya hindari hal-hal yang membuatmu alergi.

3. Polip Hidung

Penyebab sinusitis yang selanjutnya adalah polip hidung. Polip hidung adalah tumbuhnya daging kecil, yang berada di rongga sinus atau hidung. Adanya polip ini bisa membuat saluran pernapasan menjadi terhambat dan meradang. Kondisi ini dapat dioperasi dan mendapatkan pengobatan khusus, sehingga sinusitis tidak mudah kambuh.

4. Gangguan Sistem Imun Tubuh

Seseorang yang mengalami gangguan sistem imun tubuh, atau sistem imunitas tubuhnya lemah, bisa terserang berbagai macam penyakit, salah satunya adalah sinusitis. Sistem imun tubuh seseorang bisa menurun jika tidak menjaga pola hidup dengan baik, seperti jarang mengonsumsi makanan bergizi, jarang berolahraga, dan sering begadang.

5. Infeksi Gigi

Penyebab sinusitis yang terakhir adalah infeksi gigi. Karena sinus juga terdapat di area gigi, maka infeksi pada gigi bisa menyebabkan penyakit sinusitis, yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang terdapat pada gigi, menyebar ke rongga sinus dan saluran pernapasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *