Menyusui juga bisa menyebabkan nyeri payudara, baik pada payudara kanan maupun payudara kiri. Hal ini umum terjadi karena produksi ASI yang melimpah dan biasanya akan mereda setelah ASI dikeluarkan.

Selain pengaruh produksi ASI, saluran ASI tersumbat atau mastitis juga bisa memicu payudara kiri maupun kanan terasa nyeri. Kondisi tersebut umumnya dapat diatasi dengan cara sederhana, seperti mengompres payudara dengan air hangat dan memijat payudara secara lembut.

4. Efek Samping Obat

Keluhan payudara nyeri, baik sebelah kiri maupun kanan, bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu. Beberapa obat yang dapat memicu keluhan ini meliputi:

  • Pil KB, untuk mencegah kehamilan
  • Chlorpromazine, untuk mengatasi gejala psikosis
  • Diuretik, untuk membuang kelebihan air dalam tubuh yang biasanya terjadi pada penderita penyakit ginjal, gangguan jantung, atau tekanan darah tinggi
  • Digoxin, untuk mengatasi gangguan irama jantung

Nyeri payudara yang muncul akibat konsumsi obat umumnya bersifat sementara saat awal pengobatan atau ketika pengobatan selesai. Namun, bila nyeri terus-menerus muncul dan sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memperoleh penanganan yang sesuai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *