1. Terapkan Kompres

Mengatasi ketidaknyamanan akibat pemilihan bantal yang kurang tepat dapat dilakukan dengan dua metode kompres: menggunakan es batu atau air hangat. Mengompres leher dengan es batu melibatkan pembungkusan beberapa butir es dalam kain bersih dan menempelkannya pada bagian leher yang terasa sakit atau kaku. Alternatifnya, kompres dengan air hangat dapat dilakukan dengan merendam kain bersih dalam air hangat, memerasnya, lalu menempelkannya pada bagian leher yang terasa sakit selama 20 menit untuk mengurangi rasa sakit. Penting untuk diingat bahwa kompres tidak disarankan saat tidur, karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit leher.

2. Konsumsi Obat Antinyeri

Meredakan nyeri leher akibat pemilihan bantal yang tidak tepat dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat antinyeri seperti acetaminophen, ibuprofen, naproxen, atau aspirin. Sebelum mengonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui dosis dan cara penggunaan yang tepat.

3. Lakukan Peregangan

Gerakan peregangan, seperti menggerakkan kepala ke kiri dan kanan, direkomendasikan sebagai aktivitas fisik yang bermanfaat. Pastikan untuk melakukan peregangan setelah menerapkan metode kompres atau mandi dengan air hangat. Lakukan gerakan secara perlahan dan hindari gerakan mendadak agar tidak memperparah nyeri leher.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *