Fimela.com, Jakarta Tingkat kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan banyaknya risiko permasalahan kesehatan terutama penyakit jantung. Meskipun menerapkan pola makan yang sehat, seseorang belum tentu dapat mengurangi tingkat kolesterol dengan signifikan. Bahkan beberapa makanan sehat belum tentu sehat atau bebas kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein (LDL)). Beberapa makanan yang kita kira sehat ternyata tidak baik untuk tubuh adalah sayuran yang digoreng dan sayuran yang kadar gulanya tinggi (seperti, kentang, kacang polong, jagung, dan lain-lain).

Berdasarkan data yang disebarkan oleh yankes.kemkes.go.id, orang yang terpapar oleh kolesterol adalah sebesar 28% dari populasi di Indonesia. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi adalah 7,9% orang di dunia meninggal karena penyakit ini. Melihat sekarang ini makanan yang mengandung banyak sekali kandungan kolesterol jahat, seperti kulit ayam, makanan manis, udang, dan lain-lain. Melihat permasalahan ini para peneliti, dokter, dan lain-lain berusaha untuk mencari cara yang tepat untuk mengurangi kolesterol.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kolesterol itu berbahaya. Tubuh manusia masih butuh kolesterol untuk membentuk beberapa macam jenis vitamin dan lainnya untuk tubuh. Kolesterol memiliki 2 jenis High Density Lipoprotein (HDL–kolesterol baik) dan kolesterol jahat yaitu LDL. Selain membentuk vitamin, kolesterol HDL juga salah satunya berfungsi untuk mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. 

Meskipun, pola makan yang sehat memang dapat membantu mengurangi kolesterol, tetapi akan lebih baik jika diikuti dengan olahraga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association (AHA) menyarankan para penderita kolesterol setidaknya dalam satu minggu melakukan olahraga selama 150 menit atau setara dengan 30 menit seharinya. Dari sekian banyak olahraga yang ada, Medicalnewstoday.com dan Everywellhealth.com menyarankan 3 olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh penderita kolesterol.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *