Berdasarkan penelitian yang berjudul “The role of Collagen Organization on the Properties of Bone” mengungkapkan kalau tulang manusia secara garis besar terbuat dari kolagen. Dimana dapat memberikan tulang struktur dan kekuatan.

Secara garis besar perang kolagen memiliki konsep yang sama, akan mengurang sejalannya bertambahnya usia, begitu pula dengan massa tulang. Hal ini dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis yang ditandai dengan rendahnya kepadatan tulang dan resiko patah tulang akan lebih tinggi. 

Mengutip dari “Collagen supplementation as a complementary therapy for the preventation and treatment of osteoporosis and osteoarthritis: a systematic review” mencatat bahwa suplemen kolagen dapat membantu menghambat kerusakan tulang yang menyebabkan osteoporosis.

Dalam studi yang dilakukan selama 12 bulan, membandingkan antara wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dengan kandungan kolagen 5 gram dan wanita yang mengkonsumsi suplement kalsium dan vitamin D tanpa mengkonsumsi kolagen.

Menunjukan bahwa, kelompok wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium, vitamin D dan kolagen memiliki kadar protein lebih tinggi pada kadar darah. Dimana hal ini akan mengurangi kerusakan pada tulang. Dimana kelompok yang mengkonsumsi kolagen akan mengurangi resiko pengurangan kepadatan pada tulang. 

Studi yang berjudul “Spesific Collagen Peptides Improve Bone Mineral Density and Bone Markers in Postmenopausal women- A Randomized Control Studiy” mengungkapkan akda kemiripan pada 66 wanita pasca menopause yang mengkonsumsi setidaknya 5 gram kolagen setiapharinya selama 12 bulan akan menunjukan peningkatan kepada mineral tulang (BMD-Bone Mineral Density) hingga 7 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kolagen.

BMD atau Bone Mineral Density adalah alat ukur yang digunakan untuk menghitung kepadatan mineral pada tulang seperti kalsium pada tulang manusia. Dimana jika kadar BMD rendah dapat meyebabkan resiko osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *